Pelatihan & Seminar

Seperti tertera pada surat undangan yang disebarkan, pelatihan kali ini ditargetkan kepada QS junior yang memerlukan dasar pengetahuan tentang pelaksanaan proses tender atau kepada QS senior yang memerlukan pembanding dalam melaksanakan fungsi sebagai kontrak administrator pada sebuah kontraktor utama perusahaan multinasional dalam melaksanakan tender yang ditujukan untuk subkontraktor/ supplier.

Adapun ciri khusus dari pelaksanaan tender ke subkontraktor pada sebuah kontraktor multinasional adalah kompromi antara administrasi ketat yang diinginkan oleh perusahaan induk di satu sisi, dan realitas di lapangan di sisi lain.

Apabila administrasi ketat diterapkan, maka tender ke subkontraktor akan seperti tender kontraktor utama yang umum dilaksanakan di Indonesia untuk kontraktor nasional besar. Sedangkan realitas menunjukkan bahwa subkontraktor-subkontraktor lokal  tidak mempunyai kemampuan setara dengan kontraktor-kontraktor nasional besar dalam hal administrasi tender, sehinga perlu yang simpel-simpel saja.

Kompromi yang diambil bisa berbeda-beda tergantung dari kebijakan perusahaan multinasional yang bersangkutan.  Dengan demikian apapun yang dibagikan pada pelatihan ini apabila akan dipakai, maka akan berubah tergantung kebutuhan masing-masing perusahaan.

Materi yang disampaikan meliputi proses prequalifikasi, penerbitan dokumen tender, proposal dan negosiasi dan penunjukan, dimana di dalam setiap proses diberikan sampel /contoh dokumen yang dapat dipakai sebagai acuan atau dapat digunakan setelah dirubah seperlunya.  Contoh-contoh dokumen tersebut di antaranya:

  1. Form prequalifikasi
  2. Contoh surat permintaan penawaran
  3. Contoh ikhtisar kondisi administrative
  4. Draft Lingkup Pekerjaan
  5. Contoh matriks antarhubung
  6. Contoh matriks pekerjaan tidak langsung
  7. Draft perubahan AV41 untuk kondisi kontrak
  8. Form komparasi tender
  9. Butir-butir SPK
  10. Contoh surat pemberitahuan untuk peserta lelang yang kalah

 

Dari contoh-contoh  dokumen di atas dapat dilihat bahwa kompromi  yang termaksud diperoleh diantaranya melalui pembuatan ikhtisar dan matriks-matriks.

Pada tahap awal pelatihan, dibahas istilah-istilah yang umum digunakan dalam kontrak konstruksi  seperti retensi, berbagai bond, surety, on demand & conditional bond, asuransi  CAR/TPL, Materia l on Site, Advance Payment, Provisional Sum, Lump Sum, Liquidated Damaages, Standard Method of Measurement, Defects Notification Period dan lain-lain.

Pertanyaan, masukan ataupun berbagi cerita silih berganti bermunculan dari para peserta pelatihan, dan nara sumber juga sigap mengakomodasi dan mengolah hal tersebut menjadi diskusi yang menarik sehingga suasana cair terlihat sepanjang hari.

Pelatihan hari Sabtu tanggal 10 Desember 2016 ini dimulai jam 9.00 dan berakhir jam 16.00 seperti dijadwalkan semula, dan dihadiri oleh 26 orang peserta yang telah meluangkan waktunya, walaupun pelatihan ini diadakan pada awal libur panjang dimana banyak orang memilih untuk berlibur.  Untuk itu kami menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya.

Pengurus