SMPI (Standar Metode Pengukuran Indonesia)

Sebagaimana diketahui bersama, selama ini profesi QS di Indonesia belum memiliki acuan yang sama dalam membuat Bill of Quantity sehingga kerap terdapat perbedaan dalam cara menghitung, menetapkan satuan dan membuat item pekerjaan.


 

Dalam membuat Bill of Quantity  konsultan QS yang ada di Indonesia mengacu kepada standar yang berbeda, beberapa diantaranya adalah

1.Standar Method of Measurement of Building Works Seventh Edition (SMM 7),

2. Principle of Measurement International (POMI),

3. Hongkong Standard Method of Measuruement of Building Works,

4. Indonesian Standard Method of Measurement (ISMM),

5. Dan lain - lain

 

Indonesian Standard Method of Measurement (ISMM) disusun oleh Mr. Peter Robinson dan Mr Steve Osborne dari PT. Langdon and Seah Indonesia berdasarkan Master Format: Master List of Numbers and Titles for the Construction Industry" yang diterbitkan oleh  The Construction Specifications Institute. Dalam penyusunan standar ini mereka juga mengacu dan mengadopsi jenis material, sebutan / istilah lokal serta metode kerja yang umum diaplikasikan oleh pelaku konstruksi di Indonesia.

 

Kami sangat berbesar hati dan berterima kasih ketika naskah ISMM tersebut dihibahkan kepada IQSI untuk menyimpan dan memilikinya. Dengan adanya dokumen ini diharapkan profesi QS di Indonesia dapat memiliki pijakan yang sama dalam penyusunan Bill of Quantity. Selanjutnya seluruh profesi QS di Indonesia agar berperan untuk secara terus menerus mengembangkan standar tersebut sesuai dengan kemajuan industri konstruksi di Indonesia. Saat ini dokumen tersebut kami ubah penamaannya menjadi STANDAR METODE PENGUKURAN INDONESIA (SMPI) dan telah di up load di website IQSI serta dapat di download dengan terlebih dahulu membuat account.

Kami mengundang rekan QS sekalian untuk mempelajari serta menanggapi dokumen tersebut dalam bentuk kritik dan saran. Tanggapan yang disampaikan akan menjadi acuan bagi perbaikan dan pengembangan dokumen ini di kemudian hari. 

 

Salam

IKATAN QUANTITY SURVEYOR INDONESIA