Pelatihan Quantity Surveying PT. Tatamulia Nusantara Indah

Sejak beberapa waktu lalu Ikatan Quantity Surveyor Indonesia (IQSI) dan PT. Tatamulia Nusantara Indah (PT. Tata) bekerja sama dalam memberikan pelatihan kepada staff PT. Tata untuk hal yang terkait dengan Quantity Surveying dan kerja sama ini terus berlanjut hingga saat ini.

Pada tanggal 16 dan 17 September 2017 lalu, kembali IQSI memberikan pelatihan untuk staff departemen  estimate dan departemen proyek dari PT. Tata yang berada ataupun dibawah koordinasi kantor pusat. Pelatihan diadakan di Kantor Pusat PT. Tata di Pulogadung, Jakarta Timur.

Adapun materi yang disampaikan pada pelatihan kali ini adalah :

  1. Proses Tender
  2. Pelaksanaan Kerja

Pada pelatihan hari pertama yang dihadiri oleh staff departemen estimate, materi yang di berikan berkisar tentang proses tender dan isi dari dokumen tender, diharapkan dengan penyampaian materi ini dapat meningkatkan awareness staff departemen estimate terhadap resiko kontrak yang mungkin ada selama berlangsungnya proses tender dan juga terdapat dalam Dokumen Tender. Sehingga resiko tersebut dapat di kenali  di ukur dan dicarikan solusinya. 

Materi yang diberikan pada pelatihan hari berikutnya adalah tentang hal yang terkait dengan pelaksanaan kerja, ketika kontraktor telah ditunjuk. Sebagaimana  biasanya Variation Works selalu saja menjadi topik diskusi yang hangat.  Apa saja yang dapat menimbulkan hak dari Kontraktor untuk mengajukan pekerjaan tambah, prosedur pengajuannya, dan proses untuk mendapatkan persetujuan, di diskusikan bersama. Juga tentang kemungkinan bagi Kontraktor untuk menolak melaksanakan instruksi pekerjaan tambah. Peserta yang hadir adalah staff QS, Engineering, dll dari beberapa proyek PT. Tata di Jakarta dan sekitarnya yang sedang berjalan. 

Pada kedua sesi pelatihan diatas, selalu di awali dengan pre test yang dimaksudkan untuk mengukur pemahaman peserta tentang materi yang akan disampaikan dan di tutup dengan post test untuk mencari tahu seberapa banyak materi yang telah disampaikan dapat diserap oleh peserta.

Setelah pelatihan yang dilaksanakan pada staff PT. Tata di kantor pusat Jakarta, IQSI juga diminta untuk memberikan pelatihan dengan materi yang sama kepada staff PT. Tata cabang Bali. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 26 September 2016 di Bali. Seperti halnya pada pelatihan di Jakarta, topik tentang Variation Works juga banyak mendapat perhatian peserta. Pelatihan ini dihadiri oleh staff departemen estimate di kantor pusat dan juga staff PT. Tata yang di tugaskan di proyek .

IQSI sangat berbangga hati telah ditunjuk sebagai narasumber pada pelatihan yang diadakan oleh PT. Tata, semoga materi yang telah disampaikan selama pelatihan dapat bermanfaat dan juga dapat menyamakan persepsi tentang hal yang terkait dengan Quantity Surveying.