Pemilihan Ketua IQSI Periode 2019 – 2023

PEMILIHAN KETUA IQSI PERIODE 2019 – 2023

Tanggal 20 Juli 2019 menjadi waktu yang bersejarah bagi Perkumpulan IQSI, karena pada tanggal tersebut untuk pertama kalinya di selenggarakan pemilihan yang terbuka dan demokratis untuk mengisi posisi Ketua Perkumpulan IQSI yang ketiga yang akan bertugas untuk periode 2019 s/d 2023.

Pada awal pembentukan IQSI di tahun 2006 posisi ketua belum di tetapkan melalui suatu kontestasi, akan tetapi melalui musyawarah diantara pada pendiri IQSI, dimana pada saat itu di sepakati bahwa Bp Dharma Angkasa ( Angky ) yang akan bertugas sebagai Ketua IQSI yang pertama.

Demikian pula pada waktu pemilihan Ketua untuk periode berikutnya, para pengurus IQSI pada saat itu, secara langsung meminta kepada Bp Billy Lie agar bersedia untuk menjadi Ketua IQSI yang kedua, dan Bp Billy Lie pada saat itu menyatakan bersedia mengemban amanat tersebut.

Hal yang berbeda terjadi pada pemilihan Ketua IQSI yang ketiga, karena prosesnya telah di rencanakan dan di laksanakan secara baik. Proses tersebut di mulai dengan penunjukan                   Bp Dharma Angkasa (Angky) selaku Ketua Pelaksana Pemilihan dalam Rapat Pengurus. Selanjutnya Ketua Panitia Pemilihan membentuk Panitia Pemilihan yang akan bertugas merencanakan dan menetapkan tata cara pemilihan, kriteria kandidat Ketua, serta hari dan tempat untuk melakukan pemilihan dan hal lain yang terkait.

Setelah seluruh berkas administrasi yang terkait dengan acara pemilihan Ketua telah lengkap tersedia, Panitia Pemilihan mengirimkan undangan kepada seluruh anggota untuk dapat hadir dan menggunakan hak pilihnya, pada saat bersamaan juga di kirimkan formulir pendaftaran untuk menjadi Ketua kepada para Pengurus Perkumpulan IQSI Periode 2015 – 2019.

Dari formulir pendaftaran yang di kirimkan, tercatat 2 orang kandidat yang bersedia dan mencalonkan diri menjadi Ketua Perkumpulan IQSI Periode 2019 – 2023, yaitu :

  1. Bp Rizaldi, beliau merupakan Wakil Ketua Perkumpulan IQSI pada periode kepengurusan 2015 – 2019
  2. Bp Widitomo, beliau merupakan Ketua Bidang Etika Profesi Perkumpulan IQSI pada periode kepengurusan 2015 – 2019.

Proses pemilihan diawali dengan penyampaian visi dan misi dari masing – masing kandidat, dan di lanjutkan dengan tanya jawab dengan para peserta yang hadir untuk menggali lebih dalam rencana yang akan di lakukan para kandidat terkait visi dan misi yang telah disampaikan. Acara tanya jawab berlangsung menarik dan bahkan melebihi waktu yang telah di alokasikan Panitia.

Setelah proses Tanya jawab yang berlangsung menarik, Panitia selanjutnya membagikan Kertas Suara kepada para pemilih. Pemilihan kandidat Ketua di lakukan dengan memberikan tanda silang pada kotak yang berada di bawah foto dari masing – masing kandidat.

Sebagai bagian akhir dari proses pemilihan, Panitia selanjutnya menghitung jumlah suara di saksikan oleh para saksi dan peserta yang hadir. Dari penghitungan suara tersebut terpilih Bp Rizaldi sebagai Ketua Perkumpulan IQSI Periode 2019 – 2023.

Selamat kepada Perkumpulan IQSI yang telah sukses melaksanakan proses pemilihan yang demokratis, dan akan tercatat dalam sejarah organisasi sebagai pemilihan Ketua yang untuk pertama kalinya dilaksanakan secara terbuka. Semoga dapat menjadi organisasi profesi yang handal dan makin maju serta sukses dalam mengembangkan profesi Quantity Surveyor di Indonesia.